Bimtek RPJMDES Penajam Diikuti 14 Desa

Selasa 27 Pebruari 2024

BALIKPAPAN - Pj (Pejabat) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun membuka Bimtek (Bimbingan Teknis) Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES), kepada 14 desa, di hotel Platinum & Convention Hall Balikpapan, Selasa (27/2/2024).

Makmur Marbun Pj Bupati Penajam Paser Utara

Selain Bimtek diikuti para kepala desa juga ikut serta tim penyusun RPJMDES masing-masing desa. Kegiatan akan berlangsung dua hari ini, menjadi penting bagi pemkab (pemerintah kabupaten) PPU, agar dalam pengusulan program kerja dapat berjalan sesuai aturan.

Usai membuka kegiatan Bimtek RPJMDES, Pj Bupati PPU Makmur Marbun mengatakan, Bimtek ini perlu dilaksanakan agar dalam pelaksanaannya nanti benar dan sesuai. Terutama bagi kepala desa yang baru dilantik.

Selanjutnya, dapat menyesuaikan dengan data desa presisi, dapat disatukan datanya. Bahkan, Makmur Marbun mencontohkan data masyarakat yang memiliki rumah tidak memiliki jamban, jumlah penerangan, angka jompo, hingga usia sekolah.

"Kan kita punya data desa presisi, yang itu kan, sudah ada, tinggal disatukan itu aja, itu nanti ya.  Pas itu yang diperlukan. Contoh, berapa rumah yang tidak memiliki jamban, berarti prioritas, berapa penerangan yang kurang, berapa orang yang jompo, berapa usia sekolah, dari situ saja, data presisi kita eselon I kabupaten sudah punya," jelas Makmur Marbun.

Menurutnya, ini akan mudah karena telah memiliki data presisi. Sehingga, kegiatan ini dilaksanakan sehingga pelaksanaanya nanti tidak ada lagi perencanaan tidak benar.

Meski Pj Bupati Penajam ini menilai selama ini dilakukan berbeda, dikarenakan tidak memiliki data yang komplit.

"Sekarang kan, kita update data kita. Kita sinkronisasi data selesai. Tidak ada yang susah, saya target setahun, dua tahun, tidak ada masalah di PPU ini," tegas Makmur Marbun.

Adanya dinilai program sebelumnya mubasir, karena pelaksanaannya tidak benar. "Sekarang harus benar," harapnya.

Maka itu dia meminta data, dan kini data updating, semuanya memiliki data apa saja, melalui data presisi desa.

Selain itu, beberapa program prioritas kini, terus digalakkan, termasuk bidang pendidikan. Sebagaimana dilaksanakan Pj. Bupati PPU melakukan mutasi beberapa guru disekolah. Untuk peningkatan mutu pendidikan.

Bahkan, dalam penutupan sambutanya, Makmur berharap agar kepala desa terus menggalakan gotong royong, siskamling termasuk masalah gas elpiji 3 kg, agar semuanya dapat berjalan dengan baik. (Yani/adv/DiskominfoPPU/*)