Tingkatkan Koordinasi Pengamanan Hulu Migas di Era Pandemi

Jumat, 20 Nopember 2020

BALIKPAPAN-Untuk meningkatkan pengamanan di pengelolaan kegiatan hulu migas, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Minyak dan Gas Bumi Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi (SKK Migas Kalsul) dan Kontraktor Kontrak Kerjasama wilayah Kalsul melaksanakan Forum Komunikasi Sekuriti Kalsul 2020, Selasa (17/11/2020) di Hotel Novotel Balikpapan.

Forum yang bertemakan "Transformasi Sistim Manajemen Pengamanan Hulu Migas Guna Menghadapi Percepatan Era Industri 4.0" dilaksanakan secara tatap muka dan virtual.

Pelaksanaan tatap muka mengikuti protokol pencegahan COVID-19 dengan kehadiran peserta dan narasumber sejumlah 20 orang.

Sedangkan jumlah peserta yang hadir secara virtual melalui Zoom Meeting sebanyak 140 org. Acara dibuka oleh Kepala Perwakilan Kalsul Syaifudin, dan dilanjutkan dengan arahan secara virtual dari PA Kepala SKK Migas – Keamanan Brigjen Pol. Bambang Sukamto.

Selain itu, hadir pula Kepala Divisi SDMSO yang diwakili oleh Rudy Fajar beserta jajaran, Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Sumbagsel, Pamalu serta Personil sekuriti KKKS di wilayah Kalsul dan di luar Kalsul Adapun narasumber acara forum antara lain Kepala BINDA Kalimantan Timur Brigjen TNI Drs. Moch. Amin, M.M. Direktur Pamobvit Polda Kalimantan Timur Kombes Pol. M. Hidayat B, S.H., S.I.K., M.H. diwakili Wadir Pamobvit. Direktur Intelkam Polda Kalimantan Timur Kombes Pol. Gatur Kurniadin, S.H., S.I.K. diwakili wadir intelkam.

Kepala Departemen Sekuriti Risiko Operasi dan Metode Pertamina Hulu Mahakam, Doddy Akbari. Security Coordinator Mubadala Petroleum, M Alfianto. Head of Security – South Pertamina Hulu Kalimantan Timur Andreas Immanuel Mulianto, SKom, MM, Dipl CSMP, PMP, PSP, CCTP. Dirut PT. Intellisys Sumber Anugerah Thomas Rizal Trika. Dirut PT. Sanity Intra Solusi (Cyber Security Solution) Buana Jaya, MKom dan Kepala Operasi Sekuriti Pertamina Hulu Mahakam, Siswoko MDS.

Dalam kesempatan tersebut, narasumber yang hadir memberikan pemaparan – pemaparan informasi terkini terkait, dengan pengawasan dan pencegahan serta, teknologi terkait dengan gangguan keamanan yang dapat diaplikasikan di area operasi KKKS.

Adapun dari tema pemaparan tersebut, adalah Pengelolaan Pengamanan Kegiatan di Wilayah Operasi dan Tantangan yang akan dihadapi ke depan di kegiatan usaha hulu migas.

Security convergence: Quo Vadis. Strategi Pengelolaan Pengamanan Obvitnas Hulu Migas Dari Aspek Penggalian informasi intelijen terkait isu potensi yang mengancam keselamatan, keamanan, dan kedaulatan nasional.

Strategi Pengelolaan Pengamanan Obvitnas Hulu Migas Dalam Rangka Menghadapi Tantangan Ke Depan Dari Aspek Pengamanan dan Aspek Intelijen Sesuai Semangat PKS Antara SKK Migas - KKKS dengan Polda Kaltim.

Integrated Platform for Cost Effective Security Operation and Incident Management. Monitoring dan Antisipasi Serangan Drone Menggunakan Anti Drone.

Monitoring Aset Secara Online Memanfaatkan Teknologi IoT dan Monitoring Area Parkir Melalui Applikasi Booking Online. 

Diharapkan Manajer Senior Operasi SKK Migas Kalsul Roy Widhiarta kegiatan seperti ini, dapat menjadi forum yang dapat merumuskan solusi dalam pengelolaan pengamanan atas gangguan operasional Hulu Migas ke depan serta menambah wawasan para pelaksana Pengamanan Hulu Migas di Lapangan.

“Selain menjadi ajang silaturahmi dan sharing informasi terkait tata Kelola pengamanan operasional di hulu migas, forum ini diharapkan akan lebih meningkatkan sinergi kerjasama antar pihak dan mengembangkan pengamanan yang telah ada disetiap perusahaan hulu migas,” tandas Roy. (adv)

Editor: Ahmad Yani