Gugus Tugas COVID19 Balikpapan, Tekankan Jaga Keluarga, Jalankan Prokes

Sabtu, 28 Nopember 2020

BALIKPAPAN-Klaster keluarga menjadi perhatian dalam perkembangan kasus COVID-19 di Balikpapan yang dilaporkan Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan, Sabtu (28/11/2020). 

Dari 21 kasus yang terkonfirmasi positif, terdapat empat kasus yang merupakan kontak erat keluarga dari satu kasus positif sebelumnya di Balikpapan Timur. 

Dengan tambahan klaster keluarga ini, maka selama pandemi sudah terdapat 298 klaster keluarga dengan jumlah keseluruhan kasus sebanyak 873.

Selain itu, Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan kembali mengimbau kepada setiap kasus tanpa gejala untuk menjalani isolasi mandiri di Rumah Isolasi Asrama Haji Balikpapan.

Salah satu tujuan agar isolasi mandiri dilakukan di Asrama Haji adalah untuk mencegah penularan. Khususnya pada keluarga yang merupakan lingkungan terdekat. Sebab, kelompok yang rentan tertular adalah orang lanjut usia, anak kecil, dan perempuan hamil.

"Dengan isolasi mandiri di Asrama Haji maka kita menghindarkan keluarga di rumah dari potensi penularan COVID-19. Dengan fasilitas lengkap kami pun berupaya memberi pelayanan maksimal bagi pasien di Asrama Haji. Sebelumnya kami telah menambah asrama karena tren yang memilih isolasi di sini mengalami peningkatan. Sedangkan untuk saat ini yang menjalani isolasi diangka 30-an," ungkap koordinator Rumah Isolasi Asrama Haji drg. Ahmad Jais.

Selain klaster keluarga yang menonjol, pada hari ini juga terdapat terkonfirmasi positif dari tiga pekerja perusahaan, tiga tenaga kesehatan, dan dua karyawan hotel. Kemudian pada hari ini terdapat 14 kasus yang menyelesaikan isolasi dan tidak ada kasus yang meninggal dunia. (**) 

Editor: Ahmad Yani

#BalikpapanBangkit #PakaiMasker #JagaJarak #CuciTanganPakaiSabun #HindariKerumunan #WeLoveBalikpapan #satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibuwajibpakaimasker #ingatpesanibuwajibjagajarak #ingatpesanibuwajibcucitangan #wajibpakaimasker #wajibjagajarak #wajibjagajarakhindarikerumunan #wajibcucitangan #wajibcucitangandengansabun